"Welcome to the dejhe world"

Wednesday, April 2, 2014

Tips Ampuh Usaha Modal Kecil - Anda Harus Tahu !

Sebuah usaha modal kecil tidak bisa dipungkiri lagi sangat banyak dicari oleh teman-teman, tidak terkecuali mungkin Anda juga yang datang ke blog ini dan mencari ide usaha terutama entah itu modal kecil, sedang maupun besar. Untuk edisi kali ini sengaja saya ingin membahas trik dan tips supaya usaha modal kecil yang sedang kita jalani tersebut bisa moncer alias yahud dalam pemasarannya. Lalu apa itu? mari coba kita ulas dikit demi sedikit.

Banyak pertimbangan bagi sebagian kalangan ketika mau membuka bisnis usaha. Kenapa mereka memilih bisnis yang modalnya kecil? ya karena kondisi belum memungkinkan untuk mengeluarkan modal yang besar (ini salah satu hal yang menjadi pertimbangan tentunya). Namun terserah itu sebuah bisnis yang memerlukan modal kecil atau besar, selagi peluang usaha masih terbuka insyaAllah kita bisa mengakalinya. 

Menurut saya pribadi untuk sebuah peluang bisnis yang modalnya kecil adalah produksi dan pemasaran yang bisa ditekan biayanya. Jika Anda bergerak dibidang bisnis usaha yang memang memproduksi barang, tentu saja biaya produksi sangat krusial disini, setelah itu pemasaran adalah hal yang biasanya juga menghabiskan banyak biaya. Pengalaman saya yang pernah membantu sebuah perusahaan untuk menangani iklan pemsaran secara onlien saja, dalam satu bulan habis skitar 15-18 juta rupiah (hanya untuk iklan facebook dan iklan google adwords). Tentu saja ini merupakah salah satu ongkos yang memang diperlukan dalam sarana memasarkan produk perusahaan tersebut. Dalam artian pemasaran memang merupakan hal yang bisa menimbulkan pembengkakan dalam pengeluaran bujet modal Anda nantinya.

Okay langsung saja ketika kita sudah memiliki sebuah ide peluang usaha atau jika Anda belum memilikinya silahkan baca di artikel yg ada di blog ini, ada kok jenis-jenis usaha modal kecil yang bisa kita ambil mulai dari peluang bisnis broker, jasa, hingga jualan produk camilan. Bisa Anda jadikan referensi sebelum membuka sebuah bisnis usaha sendiri. Disini saya ingi berbagi sedikit tips saja tapi bisa terbilang ampuh untuk memeasarkan sebuah produk. Apa itu? Digital Marketing.. ya sebuah marketing digital yang bisa menggunakan sarana dan prasarana yang tidak terlalu mahal namun bisa memberikan kesempatan order produk atau jasa yang Anda jual dengan cukup lumayan.

Lalu bagaimana bsia diterapkand alam usaha modal kecil ini? begini, ada certita seorang teman yang memiliki teman juga dan temannya tersebut membuka bisnis online jualan pakaian. Nah dia memanfaatka nsarana facebook untuk berjualan, dari order facebook saja sudah sangat banyak hingga kewalahan. (Marketing hanya dari facebook gratisan tapi omset sudha bisa puluhan juta), Jeas ini bsia disebut sebagai usaha modal kecil sekali :). Lalu apa yang bisa Anda perbuat?
  • Manfaatkan Facebook dengan sebaik mungkin, carilah teman sebanyak-banyaknya ..klo bisa diatas 10.000 teman. Anda akan merasakan dampak yang cukup menarik ketika Anda beriklan ratis dengan mengupdate status mengenai peleuang usaha yang sedang Anda jual (jasa atau produk) apalagi teman Anda bisa mencapai 30.000 lebih .. akan sangat lebih efektif lagi. Tapi ingat jangan juga terlalu sering spam jualan, harus ada jeda waktu yang cukup untuk memulai dari posting pertama ke posting selanjutnya. (insyaAllah ini jurus yang ampuh untuk mendapatkan kosumen dan juga repeat order).
  • Manfaatkan PIN BBM, nah untuk cara yang satu ini adalah inspirasi dari seorang teman yang dia cerita bahwa teman dia pula mengumpulkan lebih dari 1000 kontak PIN BBM yang dia gunakan untuk promo produk yang dia jual (dan ternyata penjualan dari sini juga banyak) darimana mendapatkan PIN BBM? silahkan browsing dan maen ke forum dagang disna ada orang yang banyak jualan produk lainnya dan catat PIN nya dan silahkan di ADD. Tapi sebaiknya juga jangan terlalu sering melakukan broadcast ya.. supaya Anda tidak terlihat menyebalkan di mata mereka hehe.. 
Dua tips untuk memasarkan usaha modal kecil tersebut diatas menurut saya merupakan ssalah satu strategi permasaranyang cukup ampuh dan minim modal. Tidak terlalu sering mengeluarkan bujet anggaran untuk marketing. Apapun peluang bisnis Anda maka harus kreatif dan selalu mencari jalan bagaimana bisnis usaha tersbeut bisa dikenal banyajk orang. Apakah Anda berminat?

No comments:

Post a Comment