"Welcome to the dejhe world"

Saturday, April 19, 2014

Strategi Mengerjakan Tugas Kuliah Dengan Baik dan Tepat Waktu


“Duh kepalaku pusing, tugas seabrek, adakah yang bisa bantu  saya”
“Dosennya emang rese, tidak kira-kira kasih tugasnya”
“Maaf hari ini saya tidak bisa diganggu, soalnya tugas saya banyak”
“Waduh tugas belum saya kumpulkan, duh bagaimana nih”
Beberapa ungkapan di atas adalah keluh kesah mahasiswa saat menghadapi tugas kuliah yang banyak, terlebih ketika menghadapi ujian akhir semester. Tugas menumpuk sampai-sampai bingung dari mana harus memulai.
Buat sahabatku teman-teman mahasiswa, apa yang Anda alami sebenarnya buah dari kesalahan Anda. Itu adalah bagian dari prosedur akademik, protes seperti apapun kenyataannya tetap begitu dan tidak akan berubah. Apakah Anda akan selalu mengeluh setiap ada tugas yang menumpuk? Saya berharap Anda tidak melakukan itu. Di sini saya akan bagi pengalaman saya, bagaimana strategi mengerjakan tugas yang banyak dengan baik dan tepat waktu. Dan setelah itu Anda tidak akan mengeluh lagi karena Anda akan dapat mengerjakan tugas Anda dengan baik dan tidak perlu Anda bingung lagi, karena tugas Anda belum selesai.
Ada beberapa saran yang bisa Anda terapkan, dan Insya Allah jika ini benar-benar Anda terapkan Anda akan terbebas dari kebingungan.
1.      Jangan menunda-nunda
Penyakit yang pertama dan hampir dialami oleh sebagian besar mahasiswa adalah menunda-nunda pekerjaan. Sering kali saya menemukan mahasiswa yang mengerjakan tugas, kalau waktu pengumpulan sudah dekat, padahal tugas yang diberikan sudah lama. Penyakit ini muncul karena rasa malas dari dalam diri. Dan untuk mengatasinya hanya ada satu cara “paksakan”. Sudah tidak ada nego lagi, Anda harus memaksa diri Anda. Awalnya memang berat, tapi kalau sudah terbiasa Anda akan menikmatinya.
2.      Siapkan referensi selengkap mungkin
Kendala lain dalam mengerjakan tugas adalah kurang referensi. Kekurangan referensi akan membuat Anda berhenti mengerjakan tugas karena Anda tidak mengetahui apa yang akan Anda tulis. Untuk itu sebelum mengerjakan tugas, segeralah ke perpustakaan, pinjam buka yang Anda butuhkan. Selain buku Anda juga harus meluangkan waktu untuk buka internet. Tapi saran saya, jangan pernah copy paste dari internet, karena biasanya itu sudah dilakukan oleh teman Anda yang lain. Sehingga ada kemungkinan tugas yang dikerjakan sama. Kalaupun terpaksa Anda harus mengambil dari internet usahakan Anda mengembangkannya lagi supaya tidak sama dengan teman yang lain.
3.      Segera diskusikan dengan teman jika ada yang sulit
Ketika mengalami kesulitan, segeralah diskusikan hal tersebut dengan teman Anda. Atau kalau Anda berani Anda bisa mendiskusikan dengan dosen. Namun dengan catatan Anda memang benar-benar sudah mencari tapi referensi untuk tugas tersebut sulit untuk didapatkan. Dan satu lagi jangan sekali-kali bertanya pada dosen, padahal diluar sana banyak referensi yang bisa Anda gunakan sebagai rujukan. Ini akan membuat diri Anda nampak malas, di mata dosen.
4.      Hindari Copy paste pekerjaan teman
Orang malas, selalu ingin jalan pintas, sehingga mereka tidak mau susah payah mengerjakan tugas. Mungkin Anda cepat menyelesaikan tugas, tapi saya yakin hal ini akan merugikan Anda. Dengan kata lain tugas yang Anda kerjakan sangat buruk. Dan resikonya Anda dan teman Anda bisa dikurangi nilainya gara-gara tugas yang dikerjakan sama.
5.      Luangkan waktu minimal 2 jam sehari untuk mengerjakan tugas
Banyak mahasiswa rela meluangkan waktu berjam-jam di depan komputer untuk hal-hal yang kurang penting. Tapi untuk mengerjakan tugas biasanya mereka malas. Saran saya mulailah meluangkan waktu minimal dua jam sehari untuk mengerjakan tugas. Tapi sebaiknya cari waktu Anda yang paling produktif. Sehingga kegiatan Anda yang lain tidak terganggu.
6.      Jangan Terlalu mengandalkan teman
Banyak mahasiswa yang terlalu tergantung dengan temannya. Sehingga ketika teman-temannya sibuk mengerjakan tugas dia enak-enakan main tidak jelas. Dia cukup tenang karena yakin akan mendapatkan pekerjaan teman yang bisa dia copy. Padahal waktu menunggu itu jika digunakan mengerjakan tugas malah sudah selesai. Satu lagi, jika ternyata teman tidak memperbolehkan pekerjaannya dicontek, sifat buruknya muncul. Dia mulai mengatakan temannya pelit, tidak solider, tidak mengerti, egois, dan lain-lain. Padahal dirinya sendiri yang egois.
7.      Jangan banyak alasan
Saya sibuk kerja, saya capek, saya dirumah membantu orang tua, saya dah berusaha tapi tetap gak bisa. Itu hanyalah alasan omong kosong. Sesibuk apapun Anda pasti Anda punya waktu luang. Karena banyak mahasiswa yang bekerja sambil kuliah, tapi tetap bisa produktif dalam mengerjakan tugas dan tepat waktu. Jadi jangan jadikan aktivitas Anda diluar kampus sebagai kambing hitam atas penyakit malas yang Anda miliki.
Beberapa hal di atas adalah petunjuk yang bisa Anda terapkan untuk mengerjakan tugas dengan baik dan tepat waktu. Semua terserah Anda, Anda hanya perlu sedikit kerja keras di awal. Jika hal ini sudah jadi kebiasaan maka kedepannya semua tugas Anda tidak akan jadi masalah lagi.

No comments:

Post a Comment