"Welcome to the dejhe world"

Wednesday, April 30, 2014

Cara Penduduk Dunia Minum Kopi

Para pencinta dan penggila kopi adalah orang-orang yang kreatif dan berbudaya tinggi. Setuju? Makanya, kita (atau, mereka) nggak segan-segan untuk keluar dari “pakem” cara minum kopi yang udah ada. Misalnya, di sini kan kopi diminum pake jahe, atau ada kopi yang dibuat pake arang. Nah, di “sana” juga orang-orang minum kopi dengan cara-cara yang (menurut kita) nggak lazim.
Seperti apa cara ngopi orang-orang di luar sana? Yuk simak bareng-bareng!

Tuesday, April 29, 2014

Jenis dan Perbedaan Minuman Kopi ala Italia

Para pencinta kopi pasti sudah nggak merasa asing lagi sama istilah seperti latte, cappuccino, dan macchiato yang terdaftar di menu kedai-kedai kopi, tapi apakah kita benar-benar tahu artinya dan apa beda antara minuman itu?

Sama halnya seperti para koki yang “menerjemahkan” ayam goreng yang sempurna itu kayak apa, para baristapun punya pendapatnya masing-masing tentang jenis-jenis minuman yang ada di daftar menu. Sempurnanya Barista A tentu beda sama versi sempurnanya Barista B. Balik-baliknya lagi-lagi ke masalah selera. Tapi meskipun begitu, pasti ada standarnya kan, seperti ayam goreng itu ya ayam yang digoreng.

Monday, April 28, 2014

Kedai Kopi Yang Menginspirasi

Kedai kopi sekarang bukan cuma sekedar tempat ngopi, tapi juga tempat ketemuan sama temen, tempat meeting, atau bahkan buat penulis jadi tempat untuk nulis dan tempat untuk mencari inspirasi. Buat kamu sendiri, apa fungsi kedai kopi itu sendiri selain buat ngopi?
Di antara maraknya kedai kopi “ber-merek” dan yang biasanya usahanya berbentuk waralaba atau franchise, masih ada banyak kedai kopi yang punya ciri khasnya sendiri dan biasanya kedai-kedai kopi kayak gini rasanya lebih “homey“. Di Indonesia juga banyak sih, seperti yang sering dibahas Kopling. Tapi kali ini Kopling kepingin ngajak kamu nongkrong di beberapa kedai kopi di belahan dunia yang lain… Yuk!

Sunday, April 27, 2014

Perjuangan Kopi Yang Inspiratif

Seperti yang kita tau, budaya dan bahasa Indonesia itu banyak terpengaruh budaya bangsa lain, seperti budaya Cina, Belanda, Arab, dan juga beberapa bangsa lainnya. Nggak cuma Indonesia, budaya Arab juga tersebar ke seluruh dunia – dan kopi adalah salah satunya.

Saturday, April 26, 2014

Kopi Panjang Umur

Banyak orang yang bilang bahwa rahasia umur panjang adalah banyak minum air putih, tapi kenyataannya ada sebuah pulau di Yunani yang para penduduknya seakan “lupa mati”. Mereka semua berumur panjang, dan rahasianya adalah karena mereka minum kopi Yunani dengan cara direbus sedikitnya sehari sekali. Penduduk Ikaria rata-rata berumur lebih dari 90 tahun, dan angka ini termasuk yang paling tinggi di dunia.
28Ikaria3-articleLarge
Kopi yang kaya antioksidan dan polyphenol itu memang dikenal baik untuk kesehatan jantung, tapi yang membuat kopi di Ikaria berbeda dengan kopi-kopi lainnya di seluruh dunia adalah cara pengolahannya.

Friday, April 25, 2014

7 Cafe Terunik Di Dunia

Kadang kalo cuma modal keren dan mahal itu nggak akan diinget orang, baik tempat maupun manusia. Yang bikin sesuatu atau seseorang itu stands out itu keunikannya. Setuju kan?
Kopling pernah cerita beberapa coffee shop unik di dunia, tapi masih banyak lagi ternyata. Kita bahas beberapa di antaranya dulu ya!

Thursday, April 24, 2014

4 Cara Mahir Menangkap Peluang

1. Milikilah pikiran yang terbuka
Lihat, dengar dan rasakan, inilah langkah awal untuk membuka pikiran kita terhadap sesuatu hal yang berbeda dengan diri kita. Jangan pernah menjadi orang yang sok tahu atau sok pintar, yang kalau ada sesuatu yang berbeda diangap tidak baik karena tidak sesuai dengan pikiran kita. Tanpa sikap seperti ini mustahil diri kita mau menerima kritik dan saran dari orang lain. Jadi mulailah menerima sesuatu yang baru sebagai bagian dari langkah kesuksesan kita, ambil yang baik dan buang yang buruk dengan begitu kita akan mudah melihat peluang yang ada disekitar kita.

Wednesday, April 23, 2014

Jangan Pernah Bilang Tidak Mungkin

Anda pasti pernah mendengar orang lain berkata “ ah tidak mungkin, mimpi kali ye… , jadi orang jangan banyak berkhayal, lo kesembet ya, itu gak masuk akal, dan masih banyak lagi ungkapan lain yang intinya mengatakan bahwa apa yang Anda lakukan hanyalah sesuatu yang sia-sia.
Jika nanti Anda mendengar orang berkata begitu lagi kepada Anda, maka jangan sekali-kali ungkapan tersebut Anda masukkan dalam hati, karena sesungguhnya orang-orang seperti tidak akan pernah mengerti tentang arti sebuah impian dan keyakinan. Bahkan mungkin saja mereka itu tidak pernah punya impian dan keyakinan.

Tuesday, April 22, 2014

6 Sifat Para Pemenang Sejati

Menjadi pemenang bukan semata-mata kita mendapatkan sebuah medali atau ketenaran hidup. Tapi lebih dari itu seorang pemenang harus memiliki sifat-sifat terpuji yang akan membuatnya semakin memiliki kharisma dan kerakter seorang pemenang.  Ada enam sifat dasar yang dimiliki oleh para pemenang sejati

Monday, April 21, 2014

Pengertian Potensi Diri



Udo Yamin Efendi Majdi (2007: 86) 
Menjelaskan, kata potensi itu adalah serapan dari bahasa Inggris: potencial. Artinya ada dua kata, yaitu, (1) kesanggupan; tenaga (2) dan kekuatan; kemungkinan.Sedangkan menurut kamus besar bahasa Indonesia,definisi potensi adalah kemampuan yang mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan, kekuatan, kesanggupan, daya.Intinya, secara sederhana, potensi adalah sesuatu yang bisa kita kembangkan.Sedangkan diri masih manurut Udo Yasmin Efendi Majdi (2007: 92) adalah akumulatif dari pikiran kita. Jadi Potensi diriadalah kemampuan yang kita miliki yang bisa dikembangkan.

Sunday, April 20, 2014

Manifestasi Potensi Intelektual, Emosional, Spiritual dan Fisik

1.      Manifestasi dari potensi intelektual (IQ)
Intelektual dimanifestasikan oleh Visi. Visi melihat dengan mata pikiran dan mata hati, tidak sekedar dengan mata kepala. Misi manusia untuk berbuat sesuatu atau meraih sesuatu yang hebat diawali dengan sebuah visi yang bertahun-tahun hanya dianggap sebagai khayalan belaka. Visi menurut Raja Bambang (2010) mencakup lima komponen utama yaitu: Keteladanan, perspektif jangka panjang, valensi, high Performance, innovation

Saturday, April 19, 2014

Strategi Mengerjakan Tugas Kuliah Dengan Baik dan Tepat Waktu


“Duh kepalaku pusing, tugas seabrek, adakah yang bisa bantu  saya”
“Dosennya emang rese, tidak kira-kira kasih tugasnya”
“Maaf hari ini saya tidak bisa diganggu, soalnya tugas saya banyak”
“Waduh tugas belum saya kumpulkan, duh bagaimana nih”

Friday, April 18, 2014

Jenis-Jenis Kepemimpinan

Menurut Hasibuan (2002) Ada beberapa jenis  kepemimpinan yang antara lain adalah:
1. Kepemimpinan Otoriter
Kepemimpinan otoriter adalah jika kekuasaan atau wewenang sebagian besar mutlak tetap berada pada pimpinan atau pimpinan itu mengganti sistem sentralisasi wewenang. Pengambilan keputusan dan kebijakan hanya ditetapkan sendiri oleh pimpinan. Bahwa tidak diikutsertakan untuk memberikan saran, ide dan pertimbangan dalam proses

Thursday, April 17, 2014

4 Tips Sederhana Bagaimana Mengelola Waktu

1.       Menetapkan tujuan Pribadi
Tujuan atau visi adalah manifestasi dari kecerdasan intelektual Anda. Ini akan membantu Anda untuk mengatur waktu dan sumber daya sehingga Anda dapat membuat hidup Anda lebih bersemangat.  Tujuan yang benar-benar jelas juga dapat menjadi pengukur atas kemajuan diri Anda. Disamping itu Anda juga akan jauh lebih percaya diri dalam setiap pekerjaan yang Anda lakukan.

Wednesday, April 16, 2014

Sukses Meraih Impian

Setiap orang yang berakal sehat pasti memiliki impian. Dan jika sampai saat ini impian Anda belum terwujud, maka dalam artikel ini Anda akan melihat beberapa upaya yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkan impian. Upaya-upaya ini telah terbukti untuk diri saya, yang telah mengantarkan saya dari seorang kuli menjadi pendidik, penulis dan trainer.
Apa saja upaya tersebut? Berikut adalah ulasan lengkapnya untuk Anda
1.      Miliki impian yang jelas
Slide2Tahukah Anda mengapa banyak orang sulit mewujudkan impian? Sebabnya sangat sederhana, karena kebanyakan dari mereka tidak memiliki impian yang jelas.  Impian harus jelas, harus dapat Anda visualisasikan dalam pikiran Anda. Seperti apa yang dikatakan oleh Stephen Covey “Begin  With the end in mind” mulailah sesuatu dengan gambaran akhirnya.
Disamping jelas Anda juga harus menuliskan impian Anda. Seperti apa yang dikatakan oleh Harvey Mackay bahwa Tinta yang pudar itu lebih penting dibandingkan dengan ingatan. Hal ini menandakan bahwa menuliskan impian-impian kita pada kertas jauh lebih baik dari pada kita hanya sekedar di simpan di kepada. Dengan menuliskan impian, juga akan memudahkan kita dalam menyusun rencana-rencana atau strategi-strategi untuk mencapainya.
Setelah itu yakini, bahwa impian itu bisa Anda capai. Yakinlah bahwa Tuhan akan mewujudkan impian Anda. Tanpa sebuah keyakinan Anda akan sulit untuk mewujudkan impian Anda.
2.       Miliki rencana
Slide7Mario Teguh mengatakan “Semua kejadian baik dan besar yang kita sebut keberhasilan itu, dicapai dengan menaiki tangga yang dibangun dari penyelesaian-penyelesaian dari rencana-rencana kita”.
Artinya Anda tidak akan pernah bisa menyelesaikan tugas besar Anda dalam meraih impian, jika Anda tidak memiliki rencana-rencana yang disiapkan. Jadi menyusun rencana adalah hal penting. Bukan hanya sekedar rencana, tapi rencana yang memang dipersiapkan dengan matang. Rencana yang disusun secara detail dan masuk akal. Rencana ini terkait dengan tindakan, waktu dan prioritas tindakan yang Anda lakukan.
3.       Take Action
Slide9Kesuksesan tidak akan pernah bisa diraih tanpa sebuah tindakan nyata untuk melakukannya. Dan kebanyakan orang bermasalah di sini. Mungkin mereka memiliki impian, mereka juga memiliki rencana, tapi mereka tidak pernah action. Akhirnya mereka tidak pernah bisa mewujudkan impian mereka.
Mengapa banyak orang tidak melakukan action? Jawabannya sangat sederhana, karena mereka tidak memiliki motivasi yang cukup kuat untuk melakukannya. Mereka tidak memiliki alasan yang cukup mengapa harus melakukan tindakan tersebut. Inilah yang akhirnya membuat diri mereka tidak pernah terdorong untuk mewujudkan rencana-rencana yang sudah dimiliki. Jadi supaya Anda bisa take action, milikilah motivasi diri yang kuat. Tanyakan pada diri Anda mengapa Anda harus mewujudkan impian yang Anda miliki. Temukan alasan terkuat Anda, supaya Anda memiliki dorongan yang kuat untuk menjalankan semua rencana-rencana Anda, sehingga impian Anda bisa terwujud.
4.       Jagalah Fokus
Slide13
Musuh keberhasilan adalah fokus. Kita sering dibuat pusing karena banyak angan yang kita miliki. Sebenarnya itu hal yang wajar, namun jika itu tidak bisa dikendalikan, maka Anda akan kehilangan fokus pada tujuan utama Anda.
Mengapa harus fokus? Karena fokus akan membuat kita memiliki energi lebih menjalankan tindakan atau tugas sekaligus meningkatkan kualitas tugas yang dikerjakan dengan lebih baik. Saya rasa Anda cukup memahami hal ini. Bahkan sebagian dari Anda pernah mengalami bagaimana dampak dari suatu aktivitas yang tidak fokus, saya yakin hasilnya pun tidak semaksimal jika Anda fokus.
5.       Jadilah pejuang yang tangguh 
Slide17
Seorang pemimpi adalah seorang pejuang. Mereka memiliki beberapa karakter yang membuat diri mereka kuat dijalan utama untuk mewujudkan impian.
Pertama, adalah disiplin. Disiplin dalam mencapai tujuan dan disiplin dalam menjalankan aktivitas tindakan sesuatu dengan waktu dan prioritas yang sudah ditetapkan. Kedua, Pantang menyerah. Mereka tidak akan pernah mundur dalam menghadapi setiap hambatan yang ada. Mereka sangat ulet, mereka sangat gigih. Bahkan semakin mereka diuji dan berhasil menghadapi ujian, mereka akan semakin kuat. Ketiga, sabar. Sebuah kesuksesan membutuhkan kesabaran. Siapa yang mampu bersabar maka dialah yang akan menuai hasilnya. Namun bagi yang tidak sabar, mereka tidak akan meraih hasil apa-apa.
6. Iringi setiap usaha dengan doa
Slide21Doa adalah pondasi utama. Manusia merencanakan, tapi Tuhanlah yang mewujudkan. Tidak ada rahasia khusus dalam berdoa. Hanya ada tiga syarat dalam doa yang penting untuk kita pahami. Yaitu datang, rendahkan diri dan meminta.





Demikianlah upaya-upaya yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkan impian. “semua impian Anda bisa menjadi kenyataan jika Anda memiliki keberanian untuk mengejar mereka” (Walt Disney)

Tuesday, April 15, 2014

6 Cara Sederhana Meningkatkan Kualitas Diri Sebagai Profesional

1.      Meningkatkan Skill presentasi dan Public Speaking
Perlu Anda ketahui bahwa CEO, pendidik, politikus dan tokoh-tokoh berpengaruh di dunia ini adalah seorang pembicara yang baik. Beberapa diantaranya adalah Steve Jobs, Sir Ken Robinson dan Obama. Kita bisa perlu meniru mereka, kita harus berlatih dan mempraktekkan sebanyak yang kita bisa.
Dalam hal ini ada tiga saran bisa Anda lakukan. Pertama, sering-seringlah melihat dan mempelajari video presentasi TED atau TEDx. Kedua, bacalah buku-buku ataublog presentasi dan public speaking terbaik yang ditulis pakar presentasi dan public speaking kelas dunia. Ketiga, jika Anda memiliki sumber dana yang cukup, mengikuti training presentasi juga saran yang baik untuk Anda coba.
2.      Melanjutkan pendidikan
Tidak bisa kita pungkiri bahwa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi juga salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan kualitas diri kita sebagai profesional. Jika kita memiliki  waktu yang cukup, memiliki tenaga dan biaya, maka saran ini bisa Anda lakukan. Namun jika belum siap, tidak perlu dipaksakan.
3.      Mempelajari keterampilan baru
Satu sifat mendasar para profesional sukses adalah suka belajar. Mereka adalah orang yang haus dengan pengetahuan dan keterampilan. Ketika sudah mahir dalam satu keterampilan maka mereka akan tertantang untuk belajar keterampilan baru yang lebih menantang.
Kaitannya dengan hal ini, ada banyak skill baru bisa Anda coba misalnya menulis, blogging, internet marketing, atau yang lain. Intinya apapun yang bisa mendukung diri Anda menjadi lebih baik, itu layak Anda palajari.
4.      Membangun hubungan dengan eksekutif puncak
Jika  ingin cepet melejit maka tempelah orang-orang yang lebih dulu dari kita, lebih sukses dari kita, yang memiliki karier lebih cemerlang dari kita. Ketahuilah dekat dengan mereka maka peluang untuk memperluas jaringan dan menambah skill baru akan mudah Anda lakukan.
Tapi kita juga harus paham, untuk bisa dekat dengan mereka tidak mudah. Karena mereka juga akan menilai siapa diri kita. Karena itu siapkan diri kita, update berita dan isu-isu yang relevan dan terbaru kemudian bagilah pendapat kita untuk kemajuan bersama.
5.      Mencari mentor
Mentor itu penting. Mentor adalah orang yang akan membimbing kita, mengarahkan kita dan melatih kita bagaimana kita meraih apa yang Anda inginkan. Tapi bukan sembarang mentor. Kita harus selektif. Kita harus mencari mentor yang kompeten, dan bersedia membimbing kita.
Lantas di mana kita bisa mencari mentor? Di mana saja bisa di dalam instansi tempat kita bekerja atau bisa juga dari luar instansi kita. Yang penting mereka memenuhi standar yang kuat sebagai seorang mentor.
6.      Memperbaiki penampilan
Seberapa baik penilaian orang lain juga  dipangaruhi oleh penampilan kita. Hal ini menunjukkan penghargaan kita terhadap diri sendiri dan orang lain yang bersama kita. Berinvestasilah untuk penampilan kita. Percayalah ini akan akan membalut diri kita sebagai profesional yang menarik, percaya diri dan menyenangkan.
Sangat penting bahwa Anda menetapkan standar yang tinggi untuk diri sendiri. Tetap lapar untuk belajar dan mengambil setiap kesempatan untuk memperbaiki diri. Ketika Anda dapat memaksimalkan keterampilan yang perlu dikembangkan, Anda akan jauh lebih diperhitungkan.

Monday, April 14, 2014

Tips dan Trik Meningkatkan Hasil Penjualan


Mungkin bagi seorang pengusaha yang sudah mempunyai pelanggan tetap maupun yang belum mempunyai pelanggan tetap, pasti nantinya akan memikirkan bagaimana caranya agar meningkatkan hasil penjualannya?
kali ini saya akan memberikan informasi tentang cara meningkatkan hasil penjualan, dengan tips dan trik sebagai berikut :

1. Kualitas Produk
Kualitas produk adalah salah satu syarat utama untuk menigkatkan penjualan. Produk yang berkualitas akan membuat para konsumen merasa puas dan tidak menutup kemungkinan suatu saat jika mereka mau membeli produk mereka akan kembali membeli produk dari anda. dan mereka tidak akan segan-segan merekomendasikan dengan keluarga maupun teman kerja dan teman main. Dengan begitu anda dapat menghemat biaya promosi karena para konsumen yang puas akan mempromosikannya dengan suka rela.
2. Semua konsumen pada dasarnya sama, kenapa sama?
Karena mereka sama-sama membeli produk anda karena dorongan oleh suatu kebutuhan atau keinginan yang harus dipenuhi. Berapapun uang yang mereka keluarkan, berapapun produk yang mereka beli, mereka mempunyai hak untuk mendapatkan pelayanan terbaik. Jika mereka dikecewakan, mereka tidak akan sungkan untuk menjelek-jelekkan bisnis anda didepan banyak orang. Maka dari itu belah layan terbaik dan memuaskan bagi para semua pelanggan dan kebaikan semua itu akan kembali kepada anda.
3. Membuat Paket. ProdukAda banyak cara agar membuat konsumen melakukan pembelian dalam jumlah yang besar. Langkah sederhana ini adalah dengan membuat paket-paket produk. Paket produk ini bertujuan agar konsumen membeli produk kita lebih dari satu produk, misalnya saja paket bundling, paket hemat, paket premium ataupun paket-paket di waktu hari besar atau istimewa.
4. Konsumen akan sangat senang jika mendapatkan diskon saat membeli produk. Untuk menawarkan diskon, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, berikan diskon yang rasional dan tidak emmberatkan anda. Jika memberikan diskon terlalu besar, itu akan menjadi bumerang bagi anda. Jangan teru-terusan memberikan diskon karena diskon seharusnya diberikan pada saat tertentu dan dalam jangka waktu terbatas. Penawaran khusus terkadang lebih menarik daripada diskon.

Sunday, April 13, 2014

Tata Cara Mengurus Ijin Restoran, Cafe atau Warung Makan


Anda yang sedang berencana membuka sebuah restoran, kafe atau warung makan mungkin sedang mencari informasi mengenai cara mengurus ijinnya. Saya memiliki informasi mengenai bagaimana mengurus ijin restoran, kafe atau warung makan yang saya dapatkan dari membaca di berbagai media seperti buku, forum internet, situs berita dan lainnya.

Saturday, April 12, 2014

Strategi Agar Cafe Selalu Ramai Pengunjung

Keberlangsungan sebuah bisnis, terlebih bisnis café adalah ramainya pengunjung yang datang ke tempat kita. Apa saja strategi yang dibutuhkan agar bisnis café kita tetap ramai dikunjungi konsumen, berikut beberapa strateginya :

Friday, April 11, 2014

Tips Membuka Bisnis Cafe


  1. Sebelum membuka bisnis café terlebih dahulu kenali lingkungan di sekitar kita atau kata lain lakukanlah survey untuk menentukan target market cafem kita . Apakah disekitar kita banyak komunitas-komunitas atau kawanan anak nongkrong yang bisa kita jadikan target café kita. Komunitas – komunitas yang bisa dijadikan target antara lain, komunitas seni, komunitas musik, komunitas pencinta buku, komunitas sepeda, komunitas motor, bahkan komunitas mobil dan sebagainya.

Thursday, April 10, 2014

Yellow Truck Coffe & Tea Bandung

Bukan hanya tempat ngopi semata, Yellow Truck yang beralamat di jalan Pajajaran 6A, Bandung, adalah “playground” bagi siapapun yang ingin mencoba mencicipi kopi. Bayangkan sebuah paviliun yang memanjang ke belakang disertai halaman yang cukup luas, kira-kira begitulah bentuk fisik bangunan yang diberi nama “Truk Kuning” yang baru saja beroperasi kurang dari setengah tahun. Michael Utama dari Kopiku Indonesia menceritakan “taman bermain” yang menambah perbendaharaan jumlah kedai kopi spesial di kota Bandung.

Wednesday, April 9, 2014

5 Jurus Usaha Sampingan Menggiurkan



Dewasa ini banyak masyarakat yang mulai mencari berbagai ide dan cara untuk menemukan usaha sampingan yang bisa menjadi kegiatan disela-sela bisnis utama maupun pekerjaan tetap mereka. Terkadang ada yang mudah, namun ada juga yang sepertinya sulit sekali menemukan sumber informasinya. Jika sudah menemukan ide usaha malah terkadang modal dan kendala lainnya muncul, hadeh..

Tuesday, April 8, 2014

2 Alasan Invesor Mau Suntik Modal Wirausahawan Muda


Berkembangnya Asia Tenggara sebagai salah satu pasar potensial di dunia membuka pintu bagi para wirausaha muda dalam mengembangkan bisnis mereka.

Monday, April 7, 2014

Cara Orang Kaya Atur Warisan

Ilustrasi/Bisnis.com


Menjadi kaya merupakan cita-cita bagi banyak orang, namun tidak semuanya memahami apa yang dilakukan orang yang sudah kaya untuk melestarikan asetnya supaya keturunan mereka bisa tetap hidup layak setelah mereka meninggal.

Sunday, April 6, 2014

5 Ide Bisnis Usaha Menarik di Sekitar Kampus



Apakah sempat terpikirkan bahwa di area kampus ada banyak peluang usaha yang bisa kita manfaatkan? ternyata jika kita lebih jeli, teliti, dan kreatif insyaAllah ada jenis-jenis ide bisnis yang bisa kita manfaatkan diwilayah sekitar kampus. Mau tahu apa saja? mari kita coba sedikit mengulasnya.

Perlu diketahui terlebuh dahulu bahwa kampus adalah pusat mahasiswa kuliah dan para mahasiswa bisa berasal dari mana saja dari seluruh pelosok negeri Indonesia ini bisa ada disana. Melihat hal ini sudah tidak dipungkiri lagi bahwa pergerakan ekonomi di wilayah sekitar kampus mulai berkembang pesat dibanding sebelum kampus dibangun di daerah tersebut. Banyak sekali orang mulai membuka bisnis usaha mulai dari kuliner, jasa, hingga properti semua bermunculan disana. Bisa jadi semua muncul memang karena adanya kesempatan untuk memanfaatkan peluang bisnis yang sangat terbuka lebar dikarenakan market pasar yang secara otomatis sudah terbentuk sebelumnya.

Lalu apa saja ya jenis ide usaha yang bisa kita ambil? apabila memang kita ingin meggali ide peluang usaha di area kampus tentu saja kita harus lebih kreatif dan peka terhadap kebutuhan pasar khususnya mahasiswa dan warga penduduk disekitarnya. Dibawah ini ada 5 jenis bisnis yang bisa menjadi referensi untuk kita ambil diantaranya yaitu:
  1. Usaha Sewa Kos : Jenis bisnis yang satu ini berkaitan dengan jasa dan juga properti dimana kita menyewakan rumah/kamar khusus diperuntukan bagi rekan-rekan mahasiswa yang ingin tinggal sementara disaat mereka melaksanakan perkuliahan mereka, karena banyak mahasiswa yang berasal dari luar kota dan mereka memerlukan tempat tinggal. Bisnis kos-kosan merupakan bisnis yang sangat bagus namun memang diperlukan modal yang tidak kecil untuk membeli lahan dan juga membangun properti. Apabila anda ingin bisnis dibidang ini namun terbatas modal finansial maka bisa mengajak kerjasama dengan investor untuk pendanaannya.
  2. Usaha Kuliner : Jelas kebutuhan akan makan dan minum menjadi sebuah kebutuhan pokok mendasar setiap manusia. Di area kampus dan tempat ramai lainnya bisnis usaha kuliner jelas menjadi salah satu usaha yang menjadi favorit bagi banyak kalangan mengingat area sekitar kampus adalah salah satu pusat kegiatan. Jadi membuka usaha kuliner disini adalah sebuah pilihan yang tepat dan anda bisa membuka warung tenda, angkringan atau jenis kuliner lainnya.
  3. Mendirikan Cafe : Jika diamati lebih lanjut bahwa peluang usaha mendirikan sebuah cafe entah itu mini, menengah maupun skala yang besar memang cocok juga jika dijalankan di area sekitar kampus. Gaya hidup dan juga kebutuhan akan sarana prasarana misal ruang meeting dan tempat yang santai untuk saling berdiskusi antar mahasiswa membuat cafe di sekitar kampus menjadi salah satu tempat favorit untuk itu. Sediakan fasilitas FREE WiFi untuk pengunjung dan sajikan menu minum dan juga makan yang unik dan kreatif akan membuat usaha cafe anda insyaAllah berjalan mulus. Ketersediaan ruang meeting di sebuah cafe juga menjadi nilai plus, apabila memungkinkan silahkan tambahkan fasilitas ini.
  4. Bisnis Rental Komputer : Walaupun banyak harga laptop dan komputer yang sudah murah namun tidak sedikit mahasiswa yang masih memerlukan rental komputer untuk mengerjakan pekerjaan/laporan mereka. Peluang usaha rental komputer di wilayah sekitar kampus menjadi salah satu jenis bisnis yang bisa anda ambil mengingat pasar masih terbuka lebar.
  5. Jasa Transportasi Angkutan Barang :  Jika dilihat di beberapa lokasi area kampus yang ada di Yogyakarta maka saya sendiri sering melihat sebuah mobil pick up terbuka yang terparkir dan bertuliskan jasa angkutan barang. Jenis usaha ini saya rasa merupakan sebuah peluang bisnis yang bisa kita manfaatkan juga. Mengingat  area kampus banyak mahasiswa yang memerlukan bantuan untuk transportasi mengangkut barang mereka entah itu sewaktu mereka berbelanja ataupun pindah kos.
5 jenis peluang usaha yang bisa kita manfaatkan di area kampus diatas sebaiknya memang dilakukan dengan perencanaan yang sebaik mungkin. Semua hambatan dan juga strategi memulai bisnis dan juga pemasaran menjadi penting disini. Semua jenis usaha sebaiknya harus selalu diimbangi dengan kreatifitas kita, entah itu dalam produksinya maupun dalam pemasarannya. Semoga peluang bisnis usaha diatas bisa menjadi referensi buat rekan semua yang ingin membuka usaha khususnya di wilayah area sekitar kampus. Semoga sukses.

Saturday, April 5, 2014

Apakah Peluang Usaha Bisnis Online Itu? Mudah Atau Susah?


Banyak dari kita yang masih awam mengenai peluang usaha khususnya yang berhubungan dengan online masih agak bigngung, ragu, dan bahkan masi terus bertanya-tanya ketika sudah menjalankannya kenapa tidak profi-profit. Lalu bagaimana sih bisnis online yang sesungguhnya, apakah kita bisa memanfaatkan ide usaha ini? bagaimana caranya supaya kita tidak tertipu? dan bagaimana caranya pula supaya kita benar-benar menjalankan sebuah bisnis online yang benar dan tidak sia-sia? dibawah ini mari kita ulas sedikit tips dan trik supaya kita bisa menjalankan sebuah bisnis yang berhubungan dengan internet ini menjadi lebih mudah dan sederhana namun menghasilkan profit yang lumayan.

Sebelum melangkah lebih jauh mengenai peluang usaha bisnis online, kita harus mengetahui dahulu apa sh definisi sederhana dari sebuah bisnis berbasis teknologi ini? Menurut kami bisnis yang di jalankan dengan bantuan teknologi internet/online entah itu jualan jasa, produk selagi masih menggnakan teknologi internet disitulah disebut sebuah bisnis online. Mau murni kira berbisnis offline/jualan produk di pasar lalu di pasarkan secara online (disitu juga bisa disebut bisnis online karena memasarkan produk anda dengan bantuan teknologi internet). Jadi bisnis online bukan semata-mata kita tidak memiliki produk sama sekalai, bukan semata-mata kita hanya mengandalkan modal minim dan hasil besar. Kadang kita besar di offline dengan bantuan pemasaran onlinepun banyak terjadi.

Bagi orang awam yang di iming-imingi hasil yang cukup banyak dari sebuah bisnis online dengan membeli sebuah produk tertentu misalnya ebook, atau apapun itu bisa jadi kadang berharap dengan mempelajari atau menjual lagi ebook itu maka hasil singkat bisa didapat dengan mudah, hal ini juga sering terjadi. Walau kenyataanya mereka menunggu ternyata hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan, hal-hal seperti ini sebaiknya kita hindari. Semua peluang usaha entah itu bisnis offlien maupun online memerlukan kerja keras dan kerja cerdas yang cukup efektif untuk bisa menghasilkan keuntungan yang diharapkan. Jangan terjebak dengan semua iming-iming sesaat yang bisa jadi malah membuat anda putus asa nantinya ketika menjalankannya namun hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Coba kami ulas sedikit tips bagaimana menjalankan sebuah peluuang usaha yang berhubunagn dengan dunia online. Anda bisa menjual jasa anda secara online seperti kemampuan anda mengajar siswa (les privat), keahlian anda untuk mengajari orang menyetir mobil, kepandaian anda untuk bernegosiasi dengan orang dalam hal jual beli (anda bisa menjadi broker properti). Ketiga contoh usaha diatas adalah sebuah peluang usaha bisnis di bidang jasa yang bisa anda promosikan secara efektif dengan menggunakan media onlien seperti anda beriklan di tokobagus, berniaga, indonetwork, dan juga bisa melalui social media seperti facebook dan twitter.

Anda juga bisa menjalankan sebuah bisnis publisher seperti mengikuti program google adsense, ataupun juga menjadi dropshipper dari sebuah produk yang bisa anda cari informasinya dengan mudah saat ini, insyaAllah akan kami ulas kedepan nantinya.

Atau anda bisa juga menjual sebuah produk seperti busana muslim, kerajinan tangan, benda-benda unik, furniture rumahan, atau produk apa saja yang bisa dikirim secara onlien nasional dan menggunakan teknologi internet untuk memasarkan dan juga berkomunikasi dengan konsumen. Jika kita mampu menggunakan media online untuk bisa mendukung kegiatan usaha bisnis yang sedang kita jalani maka kita bisa mengetahui sejauh mana efektifitas dari pemasran secara online yang telah kita lakukan.

Peluang usaha apapun yang sekiranya bisa dikomunikasian dan juga di bantu dengan media online menjadi akan lebh cepat dalam bernegosiasi, kominikasi, dan transaksi dengan konsumen nantinya. Itu lah sebuah bisnis yang didukung dengan teknologi internet dan menurut kami adalah bisnis online yang sesungguhnya diman akita bisa mengintrol denga lebih mudah dan mengetahui proses berjalannya bisnis yang sedang kita jalani. Mungkins edikit saja ulasan mengenai peluang usaha bisnis yang berhubunagan dengan dunia online. Semoga bisa menjadi referensi buat anda. Terima Kasih.

Friday, April 4, 2014

3 Tips Jitu Mencari Peluang Usaha


Apakah Anda sedang mencari bebeberapa ide usaha dan bisnis (peluang usaha) yang akan Anda ambil sebagai sebuah kegiatan apakah itu kegiatan sampingan atau sebagai bisnis utama. Semua bisa terjadi dan memungkinkan tinggal lihat perkembangan usaha bisnis yang Anda jalankan nantinya, bagaimana dia berkembang apakah sesuai daengan rencana dan juga harapan target dan sejenisnya. Namun yang menjadi soal yaitu menemukan ide peluang bisnis apa yang akan diambil untuk pertama kalinya. Di artikel kali ini kami coba menyajikan 3 tips utama yang bisa Anda ambil dalam rangka menemukan ide ide bisnis yang ada di sekitar kita.

Mencari Ide Bisnis Usaha di Google (internet)
Cara yang pertama ini termasuk cara yang cukup banyaj diterapkan oleg banyak orang. Berbagai cara dan referensi menemukan peluang bisnis usaha bisa didapatkan dari mesin pencari yang satu ini (Google). Ketika Anda membaca artikel di blog ini tentu saja Anda merupakan salah satu pencari ide bisnis yang menggunakan media internet (google) dan menemukan blog yang mmbahas tentang berbagai macam ide usaha.

Perlu diperhatikan bahwa yang terpenting dari cara yang satu ini adalah Anda jangan sampai tergiur dengan berbagai macam ide usaha yang menggampangkan keuntungan tampa melakukan usaha. Mungkin banyak juga blog atau web yang menyajikan informasi seperti itu seolah-olah Anda diam saja dan keuntungan sudah mengalir dengan sendirinya. Ingat, rumus bisnis usaha itu ya harus disertai dengan usaha dan doa, semua ada prosesnya. Jadi hati-hatilah dalam menyaring berbagai ide peluang bisnis yang ditawarkan di internet.

Membaca dan Membeli Buku Bisnis di Toko Buku
Nah cara yang satu ini cukup asik jug, sambil jalan-jalan di pusat perbelanjaan kita bisa ampir ke toko buku dan membaca buku-buku bisnis usaha yang saat ini sudah banyak di jual disana. Biasanya ada satu buku yang dibuka dari segelnya, Anda bisa membaca disana, apabila itu buku benar-benar bagus dan seusai dengan yang Anda butuhkan jangan sungkan untuk membelinya, itu sebuah investasi yang cukup murah jika dilihat dari apa yang akan dihasilkan jika bisnis Anda berkembang nantinya. Kita tentu tidak tahu apa yang akan terjadi di masa yang akan datang, namun sikap positif dan juga kreatif jelas dibutuhkan dalam mencapai kesuksesan dalam berbisnis, tidka terkecuali dengan membaca dan membeli buku referensi bisnis usaha bisa menjadi salah satu cara untuk mulai menjadi wirausahawan. 

Belajar Dari Pelaku Bisnis
Untuk cara yang terakhir ini memang tidka semudah  cara yang pertama atau yang keduda, namun efek yang ditimbulkan bisa jadi lebih gede/besar daripada kedua diatas. Belajar dari pelaku langsung dan bisa menimba pengalaman langsung dari pelaku bisnis tentu saja sebuah pengalaman yang luar biasa. Ketika dia berhasil memanfaatkan peluang usaha dan bisnis dengan segala sukda dukanya, untung ruginya maka Anda bisa belajar lebih dalam dari semua pebgalaman itu. Ingat pengalaman adalah salah satu guru yang terbaik, termasuk dari pengalaman pelaku bisnis yang sudah menjalankan bisnis mereka. Jangan sungkan untuk menemukan orang yang bisa Anda minta sharing ilmu mereka minimal suka duka perjalanan bisnis mereka biasanya mereka akan memberi semangat kepada Anda dna juga tips dalam membangun bisnis dari awal. Smeoga.

Itulah 3 tips jitu dalam menemukan ide-ide peluang usaha dan bisnis yang bisa Anda manfaatkan, dan semoga dari artikel singkat ini bisa memberikan inspirasi dan semangat buat Anda semua yang akand an sedang merintis bisnis usaha sendiri. Semoga Anda sukses dan ingat tetaplah bersyukur kepada sang pencipta, karena dengan bersyukur maka kita akan bisa lebih kreatif dan terus kreatif. Salam Sukses.

Thursday, April 3, 2014

4 Cara Metode Penjualan Bisnis Usaha Populer


Tidak perlu dipungkiri lagi bahwa setiap peluang usaha yang kita jalani harus memiliki strategi penjualan yang bagus tepat dan konsisten sehingga perputaran usahapun juga bisa dipantau dan direvisi seiring dengan penyusunan berbagai strategi dalam penjualan yang akan dilakukan kedepan nantinya. Dala artikel bisnis usaha kali ini kami mencoba mengulas mengenai beberapa langkah strategi dalam menentukan cara penjualan produk usaha yang sedang kita jalankan.

Menentukan konsep atau cara penjualan diawal memang diperlukan mengingat manfaat dari sebuah perencanaan awal yang tentunya kana menunjang kelangsungan usaha di tahap-tahap selanjutnya. Berbagai gambaran perputaran usaha dan juga operasional yang ditimbulkan jelas bisa di deteksi lebih awal ketika kita sudah bisa menentukan cara penjualan produk usaha yang kita jalankan. Di bawah ini ada beberapa langkah yang bisa kita ambil diantaranya yaitu :

Apakah Kita Membuka Tempat Usaha ?
Mungkin Anda juga sudah menyadari bahwa cara yang satu ini adalah salah satu cara yang sudah umum dan banyak ita jumpai di tengah masyarakat, terutama bagi para pelaku usaha yang memanfaatkan suatu tempat tertentu misalnya ruko, warung dan lain sebagainya. Jika anda memiliki usaha apapun itu misalnya jasa, produksi, atau jualan lainnya, jelas membuka usaha sendiri merupakan salah satu pilihan yang bisa dilakukan. Namn biasanya ini memerlukan modal yang tidak sedikit, Anda perlu merogoh ongkos lebih untuk menyewa atau membeli dan juga merenovasi tempat usaha tersebut. Yah memang ini salah satu cara penjualan yang umum dan banyak ditemui ketika orang memanfaatkan sebuah peluang usaha yang ada. Ketika Anda menemukan tempat usaha yang tepat dan juga stratgeis maka ini merupakan salah satu cara penjualan yang cukup efektif juga yang bisa kita ambil.

Metode Penjualan Keliling
Jika Anda ingin mencari metode cara penjualan yang cukup potensial maka penjualan dengan cara keliling adalah salah satunya. Metode ini tidak bisa dianggap enteng /sebelah mata. Dengan metode penjualan keliling maka peluang usaha yang sedang kita jalankan akan lebih mudah untuk memperoleh pelanggan dan bisa menjadi salah satu bahan evaluasi yang paling bagus. Karena dengan mendatangi konsumen (berkeliling) maka Anda sudah menargetkan market tertentu sesuai jenis bisnis yang sedang anda jalankan apa itu produk maupun jasa. Ada beberapa jenis peluang bisnis yang meanfaatkan metode cara berjualan keliling ini diantaranya yaitu: bisnis jual beli peralatan rumah tangga (pecah belah)usaha jasa services misalnya perbaikan sepatu, kompor, dan peralatan rumah tangga lainnya, pijat refleksi keliing, dan masih banyak lagi. Pada prinsipnya  ini salah satu metode cara berjualan yang cukup efektif, Anda harus menggunakan metode ini jika Anda memang ingin memasarkan produk Anda lebih oke, tidak harus jenis usaha seperti yang kami sebutkan baru saja, keliling untuk menyebar brosur promosi juga merupakan tips jitu.

Berjualan Titip dan Jual Produk
Beberapa artikel di blog ini sebenernya juga sudah membahas mengenai jenis peluang bisnis ini, Dengan menitipkan barang dan berbagi profit dengan tempat penitipan membuat usaha ini menjadi salah satu usaha yang minim modal. Produknyapun bisa Anda cari dari suplier tanpa harus Anda produksi sendiri, Anda menitiokan barangpun juga tidak usah modal toko, tempat, dan lokasi yan strategis. Anda tinggal memanfaatkan semua hal tersebut. Kreatifitas dibutuhkan disini dan juga kemampuan Anda untuk melobi piha yang akan mensuplai produk dan juga yang akan menjadi tempat titipan barang dagangan Anda nantinya.

Menjadi Kemitraan denga Partner Usaha
Dewasa ini banyak franchise baru yang bermunculan untuk mengajak bermitra para pebisnis usaha yang sedang mencari bisnis. Nah itu salah satu contoh kemitraan yang bisa kita temui dalam kehidupan sehari-hari dilingkungan kita. Apabila kita memiliki produk ataupun jasa yang memang kualitasnya bagus standart maka menggunakan metode kemitraan sebagai salah satu cara berjualan bisa Anda lakukan, ini salah satu metode paling ampuh yang bisa kita ambil. Memang kita harus mempersiapkan semuanya sebaik mungkin, dari kontrol kualitas produk, sistem kerjasama dan sistem penjualan yang sudah tersusun rapih harus kita siapkan. Tapi secara umum hal ini bisa kita lakukan.

Ke empat jenis metode penjualan diatas bisa kita pelajari dan kita coba ketika kita memang sedang menjalankan sebuah peluang usaha dan bisnis yang tentu saja mau tidak mau harus memiliki metode penjualan yang efektif bagi kelangsungan usaha yang sedang kita jalani.

Semua tidak harus membutuhkan modal yang besar, semua bisa berawal dari kecil dan menengah. Kreatifitas dan juga usaha kita menjadi salah satu perantara penentu keberhasilan dari bisnis usaha yang akan kita jalani nanti. Jadi tetap berdoa dan berusaha, InsyaAllah kita akan dapat yang terbaik.

Wednesday, April 2, 2014

Tips Ampuh Usaha Modal Kecil - Anda Harus Tahu !

Sebuah usaha modal kecil tidak bisa dipungkiri lagi sangat banyak dicari oleh teman-teman, tidak terkecuali mungkin Anda juga yang datang ke blog ini dan mencari ide usaha terutama entah itu modal kecil, sedang maupun besar. Untuk edisi kali ini sengaja saya ingin membahas trik dan tips supaya usaha modal kecil yang sedang kita jalani tersebut bisa moncer alias yahud dalam pemasarannya. Lalu apa itu? mari coba kita ulas dikit demi sedikit.

Banyak pertimbangan bagi sebagian kalangan ketika mau membuka bisnis usaha. Kenapa mereka memilih bisnis yang modalnya kecil? ya karena kondisi belum memungkinkan untuk mengeluarkan modal yang besar (ini salah satu hal yang menjadi pertimbangan tentunya). Namun terserah itu sebuah bisnis yang memerlukan modal kecil atau besar, selagi peluang usaha masih terbuka insyaAllah kita bisa mengakalinya. 

Menurut saya pribadi untuk sebuah peluang bisnis yang modalnya kecil adalah produksi dan pemasaran yang bisa ditekan biayanya. Jika Anda bergerak dibidang bisnis usaha yang memang memproduksi barang, tentu saja biaya produksi sangat krusial disini, setelah itu pemasaran adalah hal yang biasanya juga menghabiskan banyak biaya. Pengalaman saya yang pernah membantu sebuah perusahaan untuk menangani iklan pemsaran secara onlien saja, dalam satu bulan habis skitar 15-18 juta rupiah (hanya untuk iklan facebook dan iklan google adwords). Tentu saja ini merupakah salah satu ongkos yang memang diperlukan dalam sarana memasarkan produk perusahaan tersebut. Dalam artian pemasaran memang merupakan hal yang bisa menimbulkan pembengkakan dalam pengeluaran bujet modal Anda nantinya.

Okay langsung saja ketika kita sudah memiliki sebuah ide peluang usaha atau jika Anda belum memilikinya silahkan baca di artikel yg ada di blog ini, ada kok jenis-jenis usaha modal kecil yang bisa kita ambil mulai dari peluang bisnis broker, jasa, hingga jualan produk camilan. Bisa Anda jadikan referensi sebelum membuka sebuah bisnis usaha sendiri. Disini saya ingi berbagi sedikit tips saja tapi bisa terbilang ampuh untuk memeasarkan sebuah produk. Apa itu? Digital Marketing.. ya sebuah marketing digital yang bisa menggunakan sarana dan prasarana yang tidak terlalu mahal namun bisa memberikan kesempatan order produk atau jasa yang Anda jual dengan cukup lumayan.

Lalu bagaimana bsia diterapkand alam usaha modal kecil ini? begini, ada certita seorang teman yang memiliki teman juga dan temannya tersebut membuka bisnis online jualan pakaian. Nah dia memanfaatka nsarana facebook untuk berjualan, dari order facebook saja sudah sangat banyak hingga kewalahan. (Marketing hanya dari facebook gratisan tapi omset sudha bisa puluhan juta), Jeas ini bsia disebut sebagai usaha modal kecil sekali :). Lalu apa yang bisa Anda perbuat?
  • Manfaatkan Facebook dengan sebaik mungkin, carilah teman sebanyak-banyaknya ..klo bisa diatas 10.000 teman. Anda akan merasakan dampak yang cukup menarik ketika Anda beriklan ratis dengan mengupdate status mengenai peleuang usaha yang sedang Anda jual (jasa atau produk) apalagi teman Anda bisa mencapai 30.000 lebih .. akan sangat lebih efektif lagi. Tapi ingat jangan juga terlalu sering spam jualan, harus ada jeda waktu yang cukup untuk memulai dari posting pertama ke posting selanjutnya. (insyaAllah ini jurus yang ampuh untuk mendapatkan kosumen dan juga repeat order).
  • Manfaatkan PIN BBM, nah untuk cara yang satu ini adalah inspirasi dari seorang teman yang dia cerita bahwa teman dia pula mengumpulkan lebih dari 1000 kontak PIN BBM yang dia gunakan untuk promo produk yang dia jual (dan ternyata penjualan dari sini juga banyak) darimana mendapatkan PIN BBM? silahkan browsing dan maen ke forum dagang disna ada orang yang banyak jualan produk lainnya dan catat PIN nya dan silahkan di ADD. Tapi sebaiknya juga jangan terlalu sering melakukan broadcast ya.. supaya Anda tidak terlihat menyebalkan di mata mereka hehe.. 
Dua tips untuk memasarkan usaha modal kecil tersebut diatas menurut saya merupakan ssalah satu strategi permasaranyang cukup ampuh dan minim modal. Tidak terlalu sering mengeluarkan bujet anggaran untuk marketing. Apapun peluang bisnis Anda maka harus kreatif dan selalu mencari jalan bagaimana bisnis usaha tersbeut bisa dikenal banyajk orang. Apakah Anda berminat?

Tuesday, April 1, 2014

Usaha Rumahan Modal Kecil? Why Not?

usaha rumahan modal kecil

Jika kita berbicara mengenai usaha rumahan terutama yang modalnya kecil tentu saja itu menjadi menarik ketika peluang usaha ini mudah untuk dicari dan dijalankan. Namun apakah ada? ide bisnisnya mudah ditemukan? menjalankannya tidak repot dan bersusah payah?. Beberapa pertanayan tersebut mungkin bisa muncul ditengah-tengah kita ketika kita mencari bisnis rumahan yang tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Untuk menjawab semua itu, kami memiliki beberapa tips dan pendekatan yang insyaAllah bisa memberi gambaran dan menjadi referensi buat Anda yang sedang mencari hal tersebut.

Pada prinsipnya usaha rumahan bisa dijalankan dengan beberapa strategi yang memang disesuaikan dengan jenis bisnis usahanya. Ketika kita berbicara bisnis yang memproduksi suatau barang, maka barang apa dulu itu? ketika kita berbicara soal jasa, maka jenis jasa apa yang Anda jual itu? Karena beda barang dan beda jasa beda tentu saja beda modal dan beda strategi marketingnya. Namun di artikel kali ini kami hanya ingin mengulas peluang bisnis rumahan yang modalnya benar-benar kecil dan saya rasa Anda sudah memilikinya saat ini, ketika Anda membaca artikel ini yaitu modal internet. Ya, dengan bermodalkan internet menurut kami itu adalah sebuah modal yang kecil namun berimpact sangat besar. Lalu apa jenis usaha yang bisa kita jalankan dengan bermodalkan internet ini? Mari kita ulas lebih mendalam dibawah ini.

Bisnis Jasa/Broker Online Modal Kreatif

Sebenarnya untuk jenis peluang usaha yang satu ini sudah beberapa kali diulas di beberapa artikel di website ini, namun disini coba kita lihat dari pendekatan yang berbeda. Ketika Anda memiliki koneksi internet maka Anda bisa mendapatkan semua informasi para penjual produk yang bertebaran diluar sana. Baik itu produk property, elektronik, otomotif, fashion, dan produk apapaun juga yang ada di luar sana. Anda bisa menjadi bagian dari semua itu yaitu dengan menjadi broker/perantara yang kratif dan unik. 

Anda tidak harus membeli produk tersebut lalu menjualnya lagi (tentu ini butuh modal yang lebih gede dan bukan internet saja jika Anda harus membelinya). Silahkan kontak mereka dan deal dengan mereka bahwa Anda akan membantu menjualkan produk mereka. Itu saja simple. Ketika Anda membaca koran, carilah para pengiklan properti atau mobil, fashion, asesoris wanita, kebutuhan anak-anak, atau produk lainnya, komunikasikan dengan mereka bahwa Anda adalah internet marketing yang bisa membantu menjualkan produk lebih luas marketnya dan bla bla bla .. dan Anda akan mendapat komisi/fee dari ini. Jelas ini mdoal utama adalah komunikasi dan koneksi internet, dan ini salah satu jenis usaha rumahan yang menurut kami adalah bermodal kecil. 

Datangi penjualnya, photo produknya, jual secara online di beberapa toko online misalnya toko bagus, berniaga, kaskus, dan chanel-chanel lainnya ternasuk social media. Sekali lagi ini hanya sederhana namun  hasilnya bisa luar biasa.

Bisnis Usaha Produksi Rumahan 
usaha modal kecil

Kalo yang satu ini memang Anda harus mengeluarkan modal leboh dari yang ada di atas namun bisa juga disiasati jika kita tahu bagaimana mensiasatinya. Langsung saja misalnya kita mabil contoh usaha rumahan membuat camilan/snack yang bisa kita titipkan ke minimarket atau warung-warung yang ada di tengah-tengah masyarakat. Untuk tahap awal memang sebaiknya kita coba test beberapa produk dari para pembuat camilan dimana mereka biasa memproduksi makanan ringan terebut. Kita disini bisa sebagai pembuat makanan atau penyalur makanan. Jika sebagai pembuat makanan ringan maka Anda harus memiliki karyawan untuk membuat produk tersebut dan tentunya harus didahului dengan market yang sudah siap atau minimarket dan warung yang sudah deal dengan Anda untuk Anda bis amenitipkan produk disana.

Namun jika kita belum siap untuk memproduksi sendiri maka sebaiknya kita cari dan ajak kerjasama banyak pembuat makanan ringan yang kualitasnya juga cuup bagus dan tentu saja enak rasanya. Ajak konsinyasi bilang ke mereka bahwa Anda memiliki banyak chanel warung dan minimarket yang bisa dititipkan barang buatan mereka tersebut dan Anda mengambil harga grosir di mereka dan naikan ketika Anda jual ke warung atau minimarket. Sebenarnya sama metodenya dengan yang diatas yaitu sama-sama sebagai broker/perantara namun disini kita sudah memiliki chanel warung dan minimarket yang kita sudah deal dengan mereka. Peluang usaha rumahan ini cukup menarik, karena penulis sendiri sempat berbincang dengan salah satu pengantar makanan ke minimarket dan ternyata bos nya hanya mengambil dari para produsen makanan ringan dan ketika barang kembali/retur maka sang bos tidak rugi karena dikembalikan ke produsen, luar biasa dan keuntungan cukup lumayan omset bisa jutaan perhari dan tidak menanggung resiko barang kembali. Jela sini sebuah usaha rumahan modal kecil ketika Anda menjual produk tanpa membuatnya dan beresiko rendah.

Mungkin itu saja sementara dua buah jenis gambaran usaha rumahan modal kecil yang bisa kami sampaikan ke para pembaca, intinya kedua jenis peluang bisnis usaha diatas bisa kita ambil dengan kreatifitas dan kemauan serta kerja keras yang konsisten. Jangan gampang bosan, jangan takut gagal sebelum mencoba, tapi ketika mencoba juga jangan membabi buta, selalu koreksi prosesnya supaya bisa mendapat hasil yang lebih bagus dan bagus lagi. Terima Kasih